Senin, 25 Maret 2013

NAMASTE ROAD TO FINAL

Tim Namaste Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) lolos Final dalam ajang tahunannya Microsoft, Imagine Cup 2013 Indonesia. Tim yang terdiri dari mahasiswa Sistem Informasi IT Telkom itu menampilkan presentasi terbaiknya di depan dewan juri di kantor Microsoft, Sabtu (23/03/2013). Project karya Namaste, Kidea, lolos di kategori Innovation Imagine Cup 2013 Indonesia.

Seluruh finalis Imagine Cup 2013 akan bertanding di Jakarta pada 12 April mendatang. Imagine Cup merupakan kompetisi untuk mahasiswa yang diselenggarakan oleh Microsoft. Pemenang Imagine Cup 2013 Indonesia akan bertanding di Imagine Cup Worldwide di Rusia.

Fakta WHO menyebutkan sebesar 15% penduduk dunia mengidap keterbelakangan mental, sedangkan di Indonesia prevalensinya sebesar 1% dari setiap populasi. Fakta tersebut menunjukan bahwa keterbelakangan mental merupakan sebuah masalah yang perlu mendapatkan penanganan yang serius. Tak ingin masalah keterbelakangan mental semakin besar, Tim Namaste menciptakan sebuah solusi untuk membantu anak-anak yg mengalami retardasi mental yaitu dengan aplikasi KIDEA. 
Tim Nasmate
Personel Namaste semuanya adalah mahasiswa Sistem Informasi IT Telkom yakni Ainu Faisal Pambudy (116114159), I Made Prawira Indrawan (116114158), Ghoziyah Khaitan Rachman (116112155), Kholifatul Ummah (116100075). menyadari terapi memakai terapist sangat mahal dan cuma sekitar 2-3 kali seminggu dan pentingnya mempererat interaksi antara anak dengan keluarga.

Kidea adalah aplikasi berbasis Kinect yang memberikan metode terapi yang interaktif dan komperhensif terhadap penderita keterbelakangan mental. Kidea dapat berperan sebagai sebuah komplementer untuk terapi, yang dapat dipakai saat di terapis dan dapat juga dipakai dirumah. Selain itu, KIDEA juga menerapkan cara terapi okupasional, yaitu terapi yang menerapkan saraf motorik dengan menggunakan penyesuaian gerakan menggunakan Kinect. KIDEA memanfaatkan gesture, voice and face recognizing yang ada dikinect.

Harapan dari Namate sendiri adalah " Semoga nantinya KIDEA akan diterapkan melalui kerjasama dengan lembaga-lembaga sosial dan sekolah-sekolah luar biasa" kata Ainu.

KIDEA dirancang dengan software Visual Studio 2012, 3Ds Max 2013, Adobe photoshop, Premiere, After Effect CS6, Windows 8 serta technology Kinect. KIDEA yang masuk dalam kategori innovation telah berhasil lolos ke final Imagine Cup 2013 menyingkirkan kontestan di Indonesia. Kita patut berbangga, Tim Namate masuk final untuk kategori Innovation, bersaing dengan UGM dan UI. Dukung Namaste dan kita doakan mereka bawa nama Sistem Informasi dan IT Telkom sampai ke Rusia.

Penulis : Muhammad Amin, SI 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar